Jarang Dilakukan Moms Zaman Now, Ini Manfaat Mendongeng Untuk Bayi

Blogs ● Jarang Dilakukan Moms Zaman Now, Ini Manfaat Mendongeng Untu..


Mumsandbabes -

Diposting : 05 Apr 2018

Selain menyusui, aktivitas lain yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bonding ibu dan buah hati adalah mendongeng. Membacakan buku cerita pada anak tak hanya sebagai pengantar tidur Moms, namun bisa meningkatkan kreativitas anak sejak dini.

Kepala cabang perkembangan dan perilaku anak di National Institute of Child Health and Human Development Bethesda, Reid Lyon mengatakan ketika orangtua membacakan dongeng untuk bayi maka bayi akan mempelajari banyak hal di masa mendatang. Rutin mendongeng anak sebelum tidur siang dan malam hari, ini dia Moms manfaat menguntungkan bagi tumbuh kembang Si Kecil.

Meningkatkan komunikasi

Ketika mendengarkan Moms membacakan dongeng, Si Kecil akan menyerap kata-kata dan menambah kosakata anak seiring tumbuh kembangnya. Selain itu, mendongeng menjadi sarana yang bagus untuk meningkatkan interaksi antara orangtua dan anak.

Mengembangkan kemampuan sosial dan emosional anak

Tumbuh kembang anak adalah momen yang dipenuhi rasa ingin tahu, anak tentu akan terpesona dengan gambar warna warni yang ada dalam buku cerita. Hal ini akan membantu Si Kecil berimajinasi mengenai karakter dalam cerita seperti hewan serta cerita yang menarik. Selain itu, jika bayi sudah mendekati usia 10 bulan ia akan mulai belajar membalik halaman buku cerita dan mendengarkan kalimat baru. Seiring perkembangan usianya, anak akan mulai belajar menyelesaikan masalah dari karakter cerita dalam dongeng.

Meningkatkan konsentrasi

Tak ada salahnya Moms mendongeng pada anak sejak dini, mendongeng menjadi cara yang bagus untuk anak merasa nyaman dalam kegiatan membaca. Membacakan cerita sebelum tidur juga akan membantu anak supaya bisa berkonsentrasi dan memperhatikan hal-hal yang ada di sekitarnya.

Mengurangi kegelisahan

Siapa sangka, mendongeng juga menjadi metode yang efektif untuk mengurangi rasa cemas pada Si Kecil. Dengan mengenal beragam karakter dongeng, akan membantu membuat tubuh dan pikiran anak menjadi rileks sebelum tidur.

Mengembangkan kepribadian dan pengetahuan

Saat mendengar sebuah cerita, tanpa sadar Si Kecil akan mendapat banyak pengetahuan dan nilai kehidupan yang bisa ia terapkan di kemudian hari. Misalnya, karakter superhero yang gemar menolong akan membentuk kepribadian anak seiring tumbuh kembangnya. Agar anak bersemangat dengan kegiatan mendongeng, Moms bisa menggunakan emosi dan ekspresi berbeda meniru karakter dalam cerita. Jangan lupa membacakan dongeng sambil memeluk anak supaya ia merasa nyaman dan semakin dekat dengan Moms.



Our Brands

Lihat Semua




Follow Us





Top